Apple Meluncurkan iPhone 5

Apple meluncurkan iPhone 5 dengan layar yang lebih lebar dan bodi telepon seluler (ponsel) yang lebih tipis. CEO Apple Tim Cook menyebutkan peluncuran ini “hal terbesar iPhone semenjak (kemunculan) iPhone.” Perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat itu, menyebut iPhone 5 “ponsel pintar tertipis di dunia.” Apple mengklaim ponsel baru ini 18% lebih tipis dan 20% lebih ringan dibandingkan pendahulunya.
iPhone 5 memiliki layar sebesar 4 inchi (10 centimeter). Menurut Wakil Presiden Senior Nielsen, Jeff Wender, ukuran layar merupakan factor utama bagi para pembeli. Kepala Pemasaran Apple, Phil Schiller, mengatakan bentuk iPhone dengan genggaman tangan sehingga memungkinkan untuk dioperasikan dengan ibu jari dan bisa berfungsi pada jaringan LTE.
“Ketika Anda membawa ponsel, ia harus terlihat indah di tangan Anda. Begitulah kami mendesain iPhone 5,” kata Schiller. “Semua terlihat sangat bagus di layar lebar ini,” tambahnya.

iPhone 5 menggunakan prosesor A6, yang menurut Schiller menggandakan kecepatan memuat grafis Web. Daya tahan baterai, yang selama ini menjadi sasaran keluhan pengguna smartphone, diperpanjang hingga delapan jam bila dengan 4G, dan 10 jam bila menggunakan koneksi Wi-Fi.
Apple juga menyesuaikan program pemetaan yang canggih, meningkatkan voice-activated assistant Siri dan lebih terintegrasi dengan Facebook, iPhone 5 juga didukung dengan kamera 8 megapiksel. “Faktor utama pembelian smartphone adalah harga, fitur, operating system, aplikasi, dan ukuran layar,” kata Wender saat penyerahan iPhone 5, seperti yang dikutip dari AFP.
Perubahan iPhone lainnya adalah konektor “Lightning” untuk menggantikan 30-pin connections, alat yang menghubungkan ponsel ke komputer, stop kontak, atau docking station. Apple akan menjual adaptor bagi aksesori yang sudah ada seperti pengeras suara stereo atau sound system mobil agar bisa digunakan di iPhone dan iPod touch generasi baru.


7 Keunggulan iPhone 5
Selain memiliki bentuk fisik yang lebih tipis dan lebar, iPhone generasi terbaru itu juga memiliki keunggulan di dalamnya yaitu operasi iOS 6. Kedua produk Apple tersebut memiliki tujuh keunggulan yang bermanfaat saat bekerja. Ingin tahu apa saja keunggulannya?
1. Lebih Cepat
Posel pintar biasanya digunakan untuk mengakses data. Berkat kehadiran iPhone 5 yang sudah memiliki konektivitas jaringan LTE, sudah dipastikan akses data akan lebih cepat dari 3G.
2. Fitur Walpaper
Ada sebuah fitur baru pada iOS mebuat iPad memasang sebuah logo sebagai wallpaper dan membuatnya tak bisa diganti oleh orang lain. Fitur ini memang unik dan belum tentu semua pembisnis menyukainya.
3. Map dan Navigasi Baru
Dengan iOS 6, pengguna dapat mengkombinasikan aplikasi Siri dan map agar bisa membantu untuk mencari sebuah lokasi tertentu.
4. FaceTime
Aplikasi ini biasanya membantu para pembisnis yang sering diluar kota untuk tetap berhubungan dengan keluarganya di rumah. Dengan iOS 6, pengguna lebih mudah terkoneksi dengan internet atau wifi sehingga lancer saat mengobrol via FaceTime.
5. Passbook
Aplikasi ini tersedia untuk membuat segala kartu pass pengguna menjadi seba digital. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk check-in layaknya Foursquare.
6. Pembaruan Email
Apple menambahkan satu fitur baru pada aplikasi email. Pengguna dapat mengatur siapa-siapa saja kontak penting dan ditandai sebagai VIP. Selain itu surat dikontak masuk juga bisa ditandai.

7. Fitur Alih Panggilan

Saat rapat, deringan telepon biasanya sangat tidak diharapkan karena dapat memecah konsentrasi. Karena itu, Apple menyiapkan fitur yang dapat bekerja secara otomatis saat panggilan datang.

Nantinya, iPhone akan langsung mengirimkan SMS ke orang yang melakukan panggilan sehingga ia bisa tahu bahwa yang dihubungi sedang ada pertemuan.

Categories: Pengantar Teknologi Informasi | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: