Etika Berselancar Di Dunia Maya

Kamu pasti sering browsing, chatting, email, atau facebook di internet. Tapi, untuk berselancar di dunia maya itu ada etikanya. Jangan sampai orang lain terganggu olehmu atau kamu sendiri diganggu orang lain di internet.

  1. Jangan sembarangan memberikan informasi pribadi tentang dirimu, keluarga, teman secara lengkap di internet. Hal ini untuk mengantisipasi agar data-data itu tidak disalahgunakan oleh orang lain.
  2. Hati-hati pula memilih username untuk alamat email atau chatting. Jangan pilih nama yang tidak sopan atau dapat membuat orang lain marah atau tersinggung.
  3. Jangan punya satu password untuk email, facebook atau hal lain di internet. Soalnya, jika seseorang tahu passwordmu, maka ia akan mudah membuka berbagai hal pribadi tentangmu yang memerlukan password. Jadi, sebaiknya kamu punya lebih dari satu password.
  4. Kamu harus berkonsultasi pada orangtuamu jika ingin mengisi formulir atau aplikasi online. Karena data-data pada formulir itu sering digunakan orang untuk tujuan komersial. Begitu pula saat menemukan hal-hal aneh atau ancaman dari seseorang di internet. Jangan membalas pesan-pesan itu dan segera beritahu orangtuamu.
  5. Jika kamu punya akun di facebook, pasti banyak permintaan dari orang lain untuk menjadi teman. Ada orang yang dengan senang hati menerima semua permintaan untuk menjadi teman. Tapi, adapula yang Cuma ingin berteman dengan orang-orang yang dikenalnya di dunia nyata. Tapi yang jelas begini, semakin banyak orang yang menjadi temanmu di facebook, makan semakin banyak aplikasi, ajakan chatting, dan undangan yang akan kamu terima. Hal ini bisa membuatmu tak nyaman dan terganggu.
  6. Mungkin kamu termasuk orang yang terbuka dan senang berbagi rasa. Tapi, sebaiknya jangan mencurahkan semua isi hatimu di status. Sharing yang berlebihan pada facebook bisa menjadi masalah. Temanmu bisa terganggu jika kamu terlalu sering mengisi statusmu. Tak semua kegiatan dalam hidupmu harus selalu ditulis di status, kan?
  7. Hati-hati saat menulis status di wall-mu. Pokoknya harus bersikap sopan. Jangan sampai tulisanmu menyinggung orang lain, ya. Karena meski kita berhadapan dengan komputer, tapi sebenarnya kita sedang berkomunikasi dengan orang lain. Lagipula, apa yang tertulis di wall akan tersiman selamanya dan bisa dibaca oleh siapa saja.
  8.  Facebook juga banyak menyediakan kuis. Kalau kamu mau ikut salah satu kuis itu, boleh juga ko. Jika kamu sudah menjawab semua pertanyaan, kamu akan dianjurkan untuk mengajak sejumlah orang untuk mengikuti kuis ini. Jika kira-kira teman-temanmu mau, maka tak masalah mengajak mereka. Jika kamu ragu-ragu untuk mengajak, tekan ikon “Skip this step” atau “Continue to result”. Dengan mengklik ikon-ikon ini, kuis yang kamu ikuti tak akan terpampang di wall-mu atau terlihat di wall teman-temanmu.
  9. Minggu kemarin kamu baru saja merayakan ulang tahun. Hmm, ternyata banyak foto yang lucu-lucu. Wah, pasti asyiknih kalau dipasang di facebook. Tapi hati-hati ya! Bisa saja tingkah yang menurutmu lucu, sebenarnya malah memalukan bagi temanmu. Sebaiknya Tanya teman-teman yang ada dalam foto, apakah mereka mau foto itu dipasang di facebook. Jika mereka bersedia, baru foto itu kamu pasang di facebook.
  10. Chatting mrmsng mengasikkan. Tapi harus ingat waktu, ya. Jangan sampai waktumu tersita dan tugas-tugas lain terbengkalai. Lagipula, tak semua orang bisa meluangkan waktu banyak untuk ngobrol denganmu. Jangan sampai menggangu waktu orang lain juga.
  11. Tiba-tiba ada orang kamu tidak kenal mengajakmu chatting. Apa yang harus kamu lakukan? Menghadapi situasi ini, sebaiknya kamu menghindarinya. Sama halnya seperti di dunia nyata, kita juga harus waspada saat menghadapi orang yang tidak dikenal. Kamu juga harus memberitahukan hal ini pada orangtuamu.
  12. Chatting kali ini begitu mengasyikkan. Teman chattingmu pun mengajakmu bertemu. Jangan langsung menyetujuinya. Tanya dulu pada orangtuamu apakah kamu boleh menemuinya atau tidak. Jika orangtuamu setuju, kamu juga harus mengajak mereka dalam pertemuan itu.
  13. Kalau ingin mengirim email pada seseorang, perhatikan penulisannya. Jangan menulis teks email dengan huruf besar semua. Email seperti itu mengesankan kamu sedang marah pada orang tersebut.
  14. Jangan membiuka email dari pengirim yang kamu tidak kenal. Karena email seperti itu biasanya berisi virus yang bisa merusak komputermu.
  15. Saat kamu berbicara dengan temanmu, ia akan tahu kamu sedang marah, bercanda, satau sedih. Hal ini bisa terlihat dari raut wajah dan nada suaramu. Tapi kalau kamu menulis teks email, status facebook, atau chatting, hal itu tak bisa terlihat. Makanya, gunakan selalu emoticon agar tak membingungkan teman-temanmu.
  16. Kalau ada tugas dati sekolah, kamu pasti sering mencari bahan-bahan di internet. Jangan asal mengambil data begitu saja, ya. Karena tak semua informasi di internet itu benar dan akurat. Makanya, kamu harus tahu apakah website itu benar, adakah kota pengelola website, apakah informasinya selalu diperbarui, dan sebagainya.

Sumber: Majalah iptek anak ORBIT, Edisi 09 Thn XI

Categories: Pengantar Teknologi Informasi | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: