Si Kecil Mungil Nan Hebat

 Flash disk pasti bukan benda yang asing untukmu. Jika punya tugas sekolah, foto-foto menarik atau lagu keren, bisa disimpan di flash disk. Sekarang, muncul berbagai model flash disk dengan kemampuan yang beragam. Sebetulnya, nama sli flash disk adalah flash drive atau USB flash drive. Tapi, orang lebih mengenalnya sebagai flash disk.

Benda ini digunakan untuk menyimpan data dan dokumen. Dulu, data-data itu biasanya disimpan dalam floopy disk atau yang lebih dikenal disket. Flash disk pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan Trek Technology dan IBM pada tahun 2000. Saat itu kapasitasnya baru 8MB, lima kali lebih besar daripada kapasitas floopy disk.

Flash disk menggunakan teknologi USB, USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus. USB adalah teknologi yang dapat menghubungkan perangkat-perangkat seperti scanner, mouse, printer, keyboard, kamera digital, dan flash disk. Komputer-komputer saat ini sudah memiliki port USB, biasanya ada dua port. Cara menghubungkan flash disk ke komputer sangatlah mudah. Tinggal masukkan saja falsh disk tersebut ke port USB yang tersedia, maka kamu siap menyimpan data dari komputer atau memindahkan data dari flash disk ke komputer.

Saat ini flash disk tak Cuma berbentuk persegi empat panjang saja. Jika kamu ke toko perlengkapan komputer, maka bisa ditemukan flash disk yang berbentuk mickey mouse, bola, babi, gitar, dan sebagainya. Flash disk juga disatukan dengan benda-benda lain yang mudah dibawa seperti jam, pulpen, atau pisau lipat. Jadi, sebuah pulpen selain untuk menulis, bisa juga berperan sebagai flash disk.

Berikut ini adalah beberapa flash disk yang memiliki sejumlah keistimewaan:

1. DataTreveler 300

 kingston-data-traveler-300

Flash disk ini memiliki kapasitas terbesar di dunia, yaitu 256GB. Kapasitas ini setara dengan 365 CD. Segala macam data bisa disimpan di sini, mulai dari file music, foto, video, maupun file presentasi. DataTraveler 300 dilengkapi dengan software Password Traveler. Password ini akan melindungi data yang tersimpan dalam flash disk. Tapi harganya sangat mahal, yaitu sekitar 900 US dolar.

2. EdgeDiskGO Secure USB

 11739581

Flash disk ini memiliki lapisan pelindung yang keras. Jika pelindung ini diputar, maka akan terlihat steker USB-nya. Lapisan pelindung itu memiliki berbagai model dan warna. Terdapat pula aplikasi DiskGO Secure. Dengan aplikasi ini, data-data yang tersimpan bisa terlindungi dengan aman. Kapasitasnya adalah 1GB dan 3GB.

3. Transcend JetFlash V10

 T555-1112-a1

Biasanya, konektor pada flash disk dilindungi oleh penutup. Tak jarang penutup ini hilang sehingga konektor tidak terlindung dengan baik. Transcend JetFlash memiliki konektor USB yang bisa digeser. Jadi, jika ingin menghubungkan flash disk ini ke komputer, maka cukup dengan mengeluarkan konektor itu dengan cara menggesernya dari dalam falsh disk. Juka sudah digunakan, konektor itu digeser lagi ke dalam flash disk, sehingga aman terlindungi. Kapasitasnya antara 1GB sampai 8GB.

4. Corsair Flash Voyager

 Corsair-Flash-Voyager-16GB-USB-Flash-Drives

Flash disk ini tanah air. Jika sewaktu-waktu terendam air, maka falsh disk ini tetap aman dan bisa digunakan. Data-data dalam flash disk ini tetap aman karena terlidungi oleh pelindung informasi data bernama aplikasi TrueCrypt. Kapasitasnya yang tersedia adalah 4GB dan 8GB. Casing-nya terbuat dari karet.

Sumber: Majalah iptek anak ORBIT, Edisi 11 Tahun XI

Categories: Pengantar Teknologi Informasi | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: