Aksi-aksi penyelamatan Gadget

cellphone_splash_530

Jangan cuma pinter pakai gadget, kamu harus punya pengetahuan praktis untuk menyiasati gadget yang mendadak rusak. Ngak susah ko, cob abaca dan praktekkan.

1. Memakai ponsel saat baterai mati

Jika baterai kamu mati padahal perlu banget mengirim atau menerima SMS, cobalah panaskan baterai kamu untuk mendapatkan daya. Keluarkan baterai dari HP dan gosok-gosokkan diantara kedua tangan kamu. Jika kamu memakai iPhone, panaskan ponsel kamu di bawah tangan selama beberapa menit. Matikan dulu iPhone sebelum kamu melakukannya. Kemudian coba nyalakan kembali dan kamu pun bisa mengirim/menerima SMS.

2. Mengeluarkan butiran pasir

Pasir sangat merusak ponsel/kamera/laptop/MP3 player. Satu-satunya senjata untuk melindungi gadget dari pasir adalah udara kalengan (compressed air) yang bisa kamu beli di toko komputer. Setelah bersantai di pantai dengan membawa gadget, semprotkan udara kalengan ke seluruh permukaan gadget. Lalu guncang-guncang gadget untuk meluruhkan pasir yang menyelip ke bagian dalamnya.

3. Mencerahkan layar iPod yang terlalu gelap

Jika layar iPode kamu mendadk sangat gelap, ingat-ingat lagi apakah kamu belakangan ini sering memasangnya dibawah sinar matahari. Kebanyakan MP3 player dilengkapi layar LCD yang rentan. Terpaan terus-menerus terhadap sinar matahari langsung membuat piksel layar aktif sehingga layar menjadi gelap. Istirahatkan iPod di tempat yang teduh dan dingin semalaman dalam keadaan off. Ini akan mengembalikan piksel kekondisi semula.

4. Menyelamatkan ponsel yang kecemplung

Ada kalanya kamu begitu ceroboh sehingga ponsel kamu nyemplung ke kolam/toilet/ember. Cepatlah cabut baterainya sebab baterai yang tetap di dalam gadget dalam keadaan basah akan membakar sirkuit. Langkah berikutnya adalah mencabut kartu SIM guna menyelamatkan data, jadi kalau ponsel tak bisa diperbaiki, setidaknya kartu SIM masih bisa dipakai di ponsel lain. Kemudian keringkan ponsel.

5. Mengeringkan gadget yang kuyup

Apa yang kamu lakukan jika gadget kamu yang tidak dirancang anti air basah kuyup? Pertama-tama, keringkanlah dengan hairdryer atau vacuum cleaner. Atau masukkan ke dalam wadah kedap udara dan masukan silica gel untuk menyerap kelembaban. Jika kamu tidak punya silica gel, isilah mangkok dengan butiran beras mentah kemudian kubur gadget di dalam beras. Setelah beberapa jam, air akan terserap oleh beras dan gadget kamu akan kembali normal.

6. Mempercepat komputer yang lambat

Jika komputer kamu semakin hari semakin lamban dalam mengakses data, pastilah ada beberapa bagian yang nggak beres. Bukalah My Computer, klik kanan hard disk yang ingin kamu periksa, pilih Properties kemudian klik Tools dan selanjutnya klik Error Checking. Klik tombol Check Now dan klik lagi Scan for and attempt recovery of bad sectors. Scanning penuh memakan waktu sekitar sejam,. Jika proses berjalan terlalu lama dan disertai bebunyian aneh dari komputer, cepat buat salinan file kamu. Soalnya itu pertanda komputer kamu punya banyak sektor rusak yang bisa menggerogoti data.

Sumber: Majalah teen, Edisi 210/th XVII

Categories: Pengantar Teknologi Informasi | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: