Asal-muasal Nama Perusahaan IT

Menemukan nama untuk sebuah perusahaan tak ubahnya menemukan nama untuk sebuah band. Harus keren dan unik. Inilah sejarah nama beberapa perusahaan IT terbesar di dunia.

 hp-logo

Printer kamu dan tintanya mungkin sekali keluaran pabrik HP. Perusahaan besar ini digaga oleh 2 orang pria, yaitu Bill Hewlett dan Dave Packard. Mereka sepakat menggunakan gabungan nama belakang mereka sebagai nama perusahaan yang mereka bangun bersama. Adil, bukan? Tapi nama belakang siapa yang diletakan pertama? Daripada berantem, mereka melempar koin untuk memutuskan Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett sebagai nama bisnis mereka.

 sun_logo_white

Perusahaan IT ini didirikan oleh 3 serangkai Andy Bechtolsheim, Vinod Khosla, dan Scott McNealy. Mereka bertemu dan berkenalan di Stanfors University. Andy-lah yang mendesain markas SUN pertama, tempat mereka mengerjakan keperluan proyek yang bernama Stanford University Network yang bila disingkat menjadi SUN.

 intel-logo

Gordon Moore dan Bob Noyce mulanya bermaksud memilih nama Moore Noyce untuk perusahaan mereka. Sial, gabungan nama belakang mereka itu sudah dimiliki sebuah jaringan hotel. Akhirnya mereka memilih nama Intel, yang merupakan kependekan dari “INTegrated ELectronics”.

 WinVista-Button_rgb_2

Prusahaan software komputer ini menggunakan kata “MICROcomputer” dan “SOFTware” sebagai namanya. Pada masa-masa awalnya Microsoft bahkan ditulis Micro-Soft.

 Logo_Apple

Tiga bulan terlambat mendaftarkan dan mematenkan nama perusahaan IT yang baru mereka rintis, Steve Jobs dan beberapa rekan bisnisnya belum juga menemukan nama yang pas. Akhirnya Steve menantang rekan-rekannya untuk mengusulkan nama yang lebih baik dibanding “apple” pada hari itu juga. Jika tidak ada yang menemukan nama lain, dia akan mendaftarkan Apple. Rupanya hari itu teman-teman Steve lagi gak kreatif. Jadilah Apple yang terpilih.

 adobe-logo

Menurut Wikipedia “adobe” adalah “bangunan alam yang terbuat dari pasir, tanah liat, kotoran kuda, dan air”. Namun bukan definisi seperti itulah yang mendasari pemilihan nama perusahaan IT yang didirikan oleh John Warnock dkk. John terinspirasi oleh nama sungai yang melintasi belakang rumahnya di Los Atos, California, yaitu Adobe Creek.

 sony_logo

Perusahaan jepang umumnya dinamai sesuai pendirinya, misalnya Toyota. Tapi Akio Morita ingin membuat perusahaannya tidak terkesan asing bagi telinga orang Amerika yang merupakan pasar yang diburunya. Maka dia memilih nama “Sony” yang berasal dari kata “sonus’. Dalam bahasa Latin “sonus” berarti “suara”.

 Yahoo-official-logo

Banyak versi mengenai asal-muasal nama Yahoo! salah satunya menyebutkan Jerry Yang dan David Filo mencari ide dari kamus. Nah, mereka menemukan kata “yahoo” yang bermakna “kasar, tidak canggih” lalu sepakat memilih kata itu. Versi lainnya mengatakan mereka mendapat ilham dari novel Gulliver’s Travel karya Jonathan Swift. Dalam novel itu sang pengarang menciptakan kata “yahoo” untuk menamai kelompok ras yang kejam. Versi terakhir ini katanya resmi nih: Yahoo adalah akronim dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.

 wave4hotmail

Pendiri Hotmail Sabeer Bhatia awalnya menolak usul istrinya untuk memilih nama “Hotmail” bagi layanan email yang diciptakannya. Baru setelah gagal menemukan nama lain, Sabeer mau memakai nama itu. Lagipula dalam kata “hotmail” tergantung huruf HTML secara berurutan. Pada masa-masa awalnya layanan mereka ditulis “HoTMaiL’. Pada tahun 1998 Hotmail dibeli oleh Microsoft dengan harga 400 juta dolar.

 google_logo

Larry Page dan Sergey Brin keluar dari program doctoral di fakultas ilmu komputer Stanford University untuk membangun perusahaan IT. Untuk sementara mereka memilih nama “Googol” yang mengacu pada angka 1 diikuti oleh 100 angka nol, yang merupakan jumlah atom di semesta kita ini. Maksudnya untuk menunjukkan besarnya jumlah data yang mereka rancang untuk bisa diakses para pengguna mesin pencari yang mereka ciptakan. Ketika bertemu pendiri SUN (Andy Bechtolshem) untuk meminjam dana, Andy suka dengan ide nama itu dan langsung menandatangani cek pemberian dana. Namun beliau salah menulis “Googol” menjadi “Google”. Nah, daripada uang gak cair karena perbedaan nama di cek, mereka rela mengalah. Googol pun menjelma menjadi Google.

Sumber: Majalah teen, Edisi 210/th XVII

Categories: Pengantar Teknologi Informasi | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: