Facebook Kenalkan Kontrol Privasi Baru

detail berita

CALIFORNIA – Facebook terus berusaha mengatasi kekhawatiran pengguna mengenai pihak lain yang bisa melihat informasi pribadi mereka. Untuk itu, raksasa jejaring sosial tersebut mulai memperkenalkan bernagai kontrol privasi baru kepada pengguna.

Kontrol privasi baru yang diperkenalkan pada Rabu waktu setempat ini, memudahkan pengguna Facebook untuk menentukan siapa yang bisa melihat foto-foto, komentar, dan informasi lainnya. Selain itu, pengguna juga bisa mengirim permintaan ingin menghapus foto yang telah diunggah oleh teman.

Di pojok kanan situs Facebook, terdapat shortcut baru yang menyediakan akses cepat ke kontrol utama yang bisa digunakan pengguna untuk mengatur siapa yang bisa menghubungi mereka dan memblokir orang-orang tertentu. Kontrol baru itu merupakan perubahan terbaru untuk pengaturan privasi Facebook karena selama ini pengaturan privasi yang ada dinilai membingungkan.

Menurut Direktur Produk Facebook Sam Lessin, perubahan privasi dirancang untuk meningkatkan kenyamanan pengguna di jejaring sosial. “Jika pengguna tidak mengerti konsep, kontrol, dan kejutan, maka mereka tidak bisa mendapatkan kenyamanan yang mereka inginkan,” kata Lessin, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (13/12/2012).

Facebook juga membuat perubahan Activity Log, yang akan mempermudah pengguna melihat secara sekilas semua informasi yang melibatkan mereka di jejaring sosial itu. Selain itu, Facebook mengubah cara aplikasi pihak ketiga seperti game, untuk mendapatkan izin mengakses data pengguna.

Kini, setiap aplikasi harus memberikan permohonan terpisah untuk menciptakan layanan personal dari informasi pribadi pengguna, sebelum aplikasi itu mem-posting pesan otomatis ke News Feed atas nama pengguna. Tapi dengan catatan, semuanya itu sudah mendapatkan izin pengguna.

Sumber: http://techno.okezone.com/

Categories: Pengantar Teknologi Informasi | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: