Perang OS, Taring Windows 8 Masih Tumpul

detail berita

JAKARTA – Microsoft boleh saja mengklaim bahwa sistem operasi (OS) terbaru yang diluncurkan pada 26 Oktober lalu sukses terjual 40 juta lisensi asli dalam kurun waktu sebulan. Kenyataannya,  Windows 8 masih menempati urutan paling buncit dalam pertarungan sistem operasi.

Dari data statistik yang dirilis oleh Net Applications, memperlihatkan bahwa Windows 7 menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan hingga November, dan tercatat memperoleh pasar 44,71 persen.

 

Kemudian, Windows XP berhasil memperoleh tempat kedua dengan memperoleh pasar 39,82 persen, menariknya angka ini menunjukan bahwa sistem operasi ini masih menjadi andalan, meskipun diperkirakan pengguna sistem operasi ini akan menurun seiring rencana Microsoft untuk mengurai dukungan pada sistem operasi yang meluncur pada 25 Oktober 2001 itu.

 

Diposisi ketiga, masih ditempati produk dari perusahaan asal Redmond dengan Windows Vista yang berhasil memperoleh pasar 5,70 persen. Bagaimana dengan Windows 8? Nah dari data Net Applications, produk Windows yang diluncurkan pada  26 Oktober itu berada di posisi paling buncit dengan pangsa pasar 1,08 persen. Bahkan, Windows RT hanya memperoleh pasar 0,02 persen.

 

Dari data yang dirilis terlihat bahwa, Windows 8 belum mampu menggeser sistem operasi berbasis Linux di pasaran, bahkan tiga produk Apple, yakni Mac OS X 10.6,10.7, dan 10,8 persen masing-masing menempati urutan empat hingga tujuh.

 

Beberapa waktu yang lalu, laporan penjualan dari National Purchase Diary (NPD), menunjukan bahwa konsumen Windows PC dan pasar tablet (termasuk penjualan tablet Surface) tidak memperoleh dorongan yang dibutuhkan dari peluncuran Windows 8 di Amerika Serikat (AS).

 

“Setelah empat pekan di pasar, masih terlalu dini untuk menyalahkan Windows 8 sebagai kelemahan di pasar PC,” kata Wakil Presiden Analisis Industri di NPD Stephen Baker.

 

Lebih lanjut ia mengatakan, “Kami masih memiliki musim liburan penjualan, namun jelas Windows 8 tidak membuktikan menjadi dorongan untuk meningkatkan penjualan seperti yang diharapkan,”

 

Meski posisi tiga besar masih dikuasai produk Microsft. Pertanyaannya, mampukan Windows 8 menajamkan taringnya guna meraup pasar dari sistem operasi lain? kita tunggu saja.
Categories: Pengantar Teknologi Informasi | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: