Ini 6 Smartphone Terbaik di 2012

detail berita

CALIFORNIA– Produsen smartphone terus berlomba menghadirkan inovasi dalam produk terbarunya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini juga banyak perubahan dramatis mengenai cara perusahaan mendesain, memproduksi, serta menjual smartphone dan tablet besutannya.

Para produsen smartphone menyuguhkan serangkaian produkuntuk memikat konsumen. Apple, Samsung, Nokia, HTC, Research in Motion (RIM), dan Huawei dengan inovasi-inovasinya ramai diprebincangkan tahun ini.

Dari sekian banyak smartphone di dunia, berikut rangkuman enam smartphone terbaik di tahun ini versi The Next Web, Senin (24/12/2012):

1. iPhone 5: kemungkinan besar merupakan produk Apple yang paling banyak bocor di internet sepanjang masa, sekaligus menjadi smartphone yang paling cepat terjual di dunia.

Diresmikan pada pertengahan September dan dirilis di sembilan pasar dunia sebelum akhir bulan, Apple dengan cepat meraih 2 juta penjualan iPhone 5 dalam 24 jam pertama penjualan dan mencapai 5 juta pada akhir pekan peluncurannya. Animo yang sama juga terjadi di China karena iPhone 5 berhasil terjual 2 juta unit pada akhir pekan penjualannya di Negeri Tirai Bambu itu.

iPhone seri terbaru ini tidak terlalu berbeda dari desain ikonik iPhone 4 dan Iphone 4S, tapi merupakan iPhone pertama yang dilengkapi layar 4 inci, prosesor 26, 18 persen lebih tipis dibandingkan pendahulunya, dan 2 persen lebih ringan. Selain itu, iPhone 5 juga menjadi smartphone 4G LTE pertama Apple.

2. Samsung Galaxy S III: 2012 menjadi tahun luar biasa bagi Samsung karena berhasil menyusul Nokia sebagai produsen smartphone terbesar di dunia dan perusahaan ponsel paling populer di dunia (berdasarkan jumlah unit yang terjual).

Keberhasilan Samsung tak bisa dilepaskan dari kepopuleran yang berhasil direngkuh smartpohne seri Galaxy yang berevolusi dari Galaxy S II menjadi lebih besar dan kuat yaitu Galaxy S III. Diluncurkan di 28 pasar di Eropa dan Timur Tengah pada Mei, Galaxy S III dengan cepat terjual 10 juta unit dan hanya membutuhkan waktu dua bulan untuk menggandakan penjualan tersebut.

Penjualan Galaxy S III yang mencapai 30 juta unit pada November lalu, juga diprediksi akan terus bertambah seiring berjalannya musim liburan saat ini. Galaxy S III tidak hanya populer karena mengusung layar Super AMOLED 4,8 inci (1280 x 720 piksel), tapi juga berkat prosesor besutan Samsung Exynos 4 quad-core 1.4 GHz dan kamera 8 megapiksel.

Diantara sederetan smartphone Android, bisa dipastikan bahwa Galaxy S III merupakan perangkat Android yang paling populer di dunia.

3. Nexus 4: Google menggandeng LG untuk bersama-sama mendesian dan memproduksi smartphone keempat dengan brand Nexus miliknya. Google dan Nexus meluncurkan smartphone berbasis Android 4.2 Jelly Bean ini dengan harga yang sangat menarik yaitu USD299 untuk versi 8GB dan USD349 untuuk versi 16GB.

Harga yang cukup ramah kantong itu pun berhasil menarik minat konsumen. Tingginya peminat, membuat Google dan LG terus berusaha dan berjuang untuk memenuhi permintaan dan menyenangkan konsumen. Sejauh ini, konsumen yang telah mencicipi Nexus 4 memberikan respon yang baik.

Nexus 4 diperkat prosesor Snapdragon APQ8064 Qualcomm quad-core 1.5GH, layar 4,7 inci (1280×768 piksel), RAM 2GB, kamera utama 8 megapiksel, dan baterai 2100mAh.

4. Nokia Lumia 920: Nokia akhirnya mendaoatkan kesempatan untuk meluncurkan handset Lumia terbaru berbasis Windows Phone 8 pada November 2012. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya perusahaan asal Finlandia memberikan hardware dan software yang lebih baik untuk Lumia 920 dan Lumia 820.

Primadona smartphone Windows Phone 8 Nokia ialah Lumia 920. Smartphone ini hadir dengan tren desain polycarbonat dengan teknologi layar dan fokus optik kamera. Untuk jeroannya, Lumia 920 diperkuat prosesor Snapdragon S41.5 GHz, RAM 1GB,dan layar IPS LCD 4M5 inci menggunakan teknologi baru “PureMotion HD+” yang memiliki teknologi Synaptic, sehingga pengguna bisa men-swipe dan menekan layar menggunakan sarung tangan tebal.

Soal kamera, Lumia 920 memiliki kemampuan yang mumpuni. Nokia menyuguhkan sensor 8,7 megapiksel dengan f/2.0 yang memiliki fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan sensitivitas terhadap pencahayaan yang rendah.

5. HTC One X+: Smartphone Android sangat banyak diluncurkan tahun ini, termasuk produk baru dari HTC. Vendor asal Taiwan itu merombak strategi mobile-nya dan menyegarkan salah satu perangat Androidnya yaitu HTC One X.

Enam bulan setelah meluncurkan One X, HTC memutuskan memperbaharui bagian internal pernagkat itu dan meluncurkan sebuah produk yang lebih segar yaitu HTC One X+.

One X+ memiliki layar Super LCD 2 4,7 inci (1280×720 piksel), RAM 1 GB, dan diperkuat chip Tegra 3 quad-core 1.7 GHz. Menurut keterangan HTC, dengan sejumlah jeroan baru didalamnya, One X+ 67 persen lebih cepat dibandingkan One X LTE.

6. Samsung Galaxy Note II: Ukurannya yang lebih besar dari smartphone dan kecil dibandingkan tablet, membuat Galaxy Note II disebut sebagai prosuk hibrida yakni perpaduan ponsel dan tablet atau phablet. Perangkat Android Samsung ini juga menarik banyak perhatian.

Galaxy Note II yang diresmikan pada 29 Agustus 2012 ini, meluncur dengan layar Super AMOLED Plus 5,5 inci, CPU Cortex-A9 quad-core 1.6 GHz, RAM 2GB, dan baterai 3100 mAh. Sejak dirilis, phablet ini disebar ke 3 juta channel penjualan dalam 37 hari dan 24 hari kemudian ditambahkan 2 juta channel penjualan.

Menyadari penggunaan Galaxy Note berbeda dari smartphone dan tablet, Samsung mengembangkan sejumlah fitur perangkat lunak yang bisa bekerja sempurna dengan S-Pen untuk perangkat tersebut. Dengan sejumlah fitur yang mendukung S-Pen, pengguna bisa menulis keterangan, menggambar, dan melakukan pengeditan konten di Galaxy Note II.

Sumber: http://techno.okezone.com/

Categories: Pengantar Teknologi Informasi | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: