Kabar Kedekatan dengan Lenovo Naikkan Saham BlackBerry


BlackBerry Z10 (Reuters)

Toronto – Kabar kedekatan Lenovo dan BlackBerry kembali mencuat. Desas-desus akan diakuisisinya BlackBerry oleh Lenovo melesatkan nilai saham BlackBerry sebesar 14 persen.

Kabar ini kembali berembus dipicu komentar Yang Yuanqing, Head of Lenovo Group awal pekan ini. Kepada surat kabar asal Prancis, Yang mengatakan Lenovo mempertimbangkan kemungkinan mengakuisisi BlackBerry di masa yang akan datang.

“Pertumbuhan eksternal tetap menjadi pertanyaan untuk sebuah peluang,” kata Yang kepada surat kabar Les Echos yang dilansir Reuters, Selasa (12/3/2013).

“Adapun BlackBerry, pada akhirnya bisa saja–diakuisisi. Tapi kami terlebih dahulu harus menganalisa pasar dan memahami perusahaan ini,” lanjutnya.

Sebelumnya, dalam acara World Economic Forum, CFO Lenovo Wong Wai Ming menyebutkan Lenovo saat ini telah memiliki tim khusus yang bekerja untuk menghitung berbagai pilihan akuisisi.

Disebutkannya, tim ini telah cukup sering berbicara kepada RIM mengenai kemungkinan akuisisi ataupun kombinasi bisnis strategis lainnya.

“Kami tidak punya keraguan jika ada peluang yang datang dan dapat menguntungkan kami dan pemegang saham,” ujarnya kala itu.

Saham BlackBerry ditutup pada angka USD 14,90 dengan kenaikan 14,1 persen pada perdagangan saham Nasdaq Senin (11/3/2013). Sementara itu di lantai bursa Toronto, saham BlackBerry ditutup pada angka C$ 15,29 sebesar 13,8 persen.

Naiknya saham BlackBerry juga dipicu kabar AT&T bersiap berjualan handset Z10 di Amerika Serikat. Jagoan baru BlackBerry tersebut mulai dijual di negeri Paman Sam pada 22 Maret.

Categories: Pengantar Teknologi Informasi | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: