10 Bos Teknologi yang Paling Dicintai

Jakarta – Dalam industri teknologi yang sangat kompetitif saat ini, peran CEO alias Chief Executive Officer sebagai pemimpin perusahaan sangat penting. Keputusan dan kebijakan yang dihasilkan seorang CEO, menentukan sukses tidaknya perusahaan yang dinahkodainya.
Beberapa CEO teknologi seperti Mark Zuckerberg atau Tim Cook pun sukses menjadi sosok yang dicintai para karyawannya. Mungkin karena ketegasan sikapnya, kebijakannya yang tepat, kesejahteraan yang didapat dari perusahaan, dan faktor-faktor lainnya.

Riset dari Glasdoor yang mengumpulkan pendapat dari karyawan menghasilkan peringkat CEO perusahaan teknologi yang paling disukai. Berikut adalah daftarnya.

1. Paul S. Otellini – Intel

Sebanyak 91% karyawan Intel menyetujui gaya kepemimpinan Paul sebagai CEO. Paul memang orang lama di raksasa prosesor tersebut dan telah menjadi CEO sejak tahun 2005.

Sebelum menjabat CEO, dia juga pernah memegang jabatan Chief Operating Officer dan Executive Vice President Intel. Saat ini, Otellini sedang mempersiapkan pengunduran dirinya dari jabatan CEO karena ingin pensiun.

“Kompensasi yang pantas, lingkungan kerja yang rileks dan manajemen yang berusaha mendengarkan karyawan,” salah satu alasan karyawan menyukai Otellini.

2. Tim Cook – Apple

Sejumlah 93% karyawan Apple menyetujui Tim Cook sebagai pemimpin utama Apple. Cook bergabung di Apple pada bulan Maret 1998 sebagai SVP of Worldwide Sales and Operations.

Kemudian dia beralih posisi menjadi Chief Operating Officer. Sebelum ditunjuk untuk menggantikan Steve Jobs sebagai CEO Apple di 24 Agustus 2011.

“Manajemen yang hebat. Anda bekerja untuk produk konsumer yang paling menarik dan canggih, sekali Anda di sini, itu akan membuat Anda sangat bersemangat,” salah satu alasan karyawan menyukai Cook.

3. Jeff Bezos – Amazon

Terdapat 93% karyawan Amazon menyukai gaya kepemimpinan Bezos. Bezos memang yang merintis Amazon dari awal hingga sekarang meraksasa sebagai retail online.

Berawal dari markas sederhana di sebuah garasi, kini Amazon menjual hampir segala macam barang. Juga gadet Android berupa tablet PC Kindle Fire.

“Amazon secara konstan beradaptasi dan mengembangkan strategi. Bezos adalah CEO yang hebat. Dia sangat mengerti soal kualitas,” salah satu alasan karyawan menyukai Bezos.

4. Jen Hsun Huang – Nvidia

Sebanyak 94% pegawai Nvidia menyukai komando Jen Hsun Huang. Dia memang termasuk salah satu pendiri raksasa teknologi ini di tahun 1993.

Di masa kepemimpinannya, Jen turut andil menemukan Graphic Processing Unit (GPU) pada tahun 1999. Sejak saat itu, nama Nvidia pun makin berkibar.

“Jen memajukan perusahaan dengan langkah yang tepat dan membuat strategi agar perusahaan tidak gagal,” salah satu alasan karyawan menyukai Jen.

5. Larry Page – Google

Sejumlah 95% karyawan Google menyukai Larry Page sebagai pemimpin utamanya. Pendiri Google bersama Sergey Brin ini menggantikan Eric Schmidt pada pertengahan tahun 2011.

Saat ini, posisi Google sebagai raksasa mesin cari online memang tidak juga tergoyahkan. Mereka juga sangat kuat di perangkat mobile dengan OS Android.

“Apa yang paling kusukai adalah mendengarkan pendiri Larry Page dan Sergey Brin berbicara dalam meeting besar. Mereka berdua lucu dan pintar,” salah satu alasan karyawan menyukai Larry.

6. Pierre Nanterme – Accenture

Sebanyak 95% pegawai Accenture menyukai gaya kepemimpinan Pierre. Accenture sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang layanan dan konsultasi IT.

Pierre mulai menjadi CEO Accenture pada Januari 2011. Dia sangat senior dan sudah bergabung di perusahaan ini sejak tahun 1983.

“Perusahaan sangat memperhatikan karyawan dan perkembangan karirnya,” salah satu alasan karyawan menyukai Pierre.

7. Paul E. Jacobs – Qualcomm

Sejumlah 95% pegawai Qualcomm senang dengan Paul sebagai nahkoda utama perusahaan. Dengan tangan dinginnya, Qualcomm semakin meraksasa sebagai raksasa semikonduktor global.

Paul sudah menjadi CEO Qualcomm sejak Juli 2005. Dia mulai berkarir di perusahaan asal Amerika Serikat ini pada tahun 1990.

“Perusahaan ini digerakkan oleh CEO dengan mentalitas start up yang sangat kuat. Setiap orang bebas bereksperimen dan berkontribusi,” salah satu alasan karyawan menyukai Paul.

8. Frank D’Souza – Cognizant

Cognizant adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di sektor konsultasi IT dan layanan business process outsourcing. Sang pemimpin Frank D’Souza disukai oleh 96% karyawannya.

Di tahun 2007, pada usia 38 tahun, dia ditunjuk menjadi CEO Cognizant. Frank juga termasuk salah satu pendiri perusahaan yang berkembang pesat ini.

“Menatap ke depan dan dengan kepemimpinan yang kuat di jajaran atas. Frank sangat menginspirasi dalam kepemimpinannya,” salah satu alasan karyawan menyukai Frank.

9. Bill McDermott & Jim Hagemann Snabe – SAP

Jim Hagemann Snabe ditunjuk menjadi co CEO SAP menemani Bill pada Februari 2010. Sebanyak 99% pegawai menyukai duet kepemimpinan ini.

SAP sendiri adalah perusahaan yang bergerak di sektor software untuk kalangan enterprise. Terutama untuk mengendalikan operasional bisnis perusahaan.

“Kompensasi yang bagus dan kedua CEO ini memang fenomenal,” salah satu alasan karyawan menyukai kedua CEO mereka.

10. Mark Zuckerberg – Facebook

Boleh jadi Zuckerberg adalah yang paling muda usianya dalam daftar ini. Namun dia masuk posisi teratas dengan tingkat persetujuan karyawan mencapai 99%.

Selaku pendirinya, Zuckerberg memang sangat fokus mengembangkan Facebook hingga masuk bursa saham tahun lalu. Dia juga sukses mempertahankan posisi Facebook sebagai jejaring sosial terpopuler dunia hingga saat ini.

“Zuck membangun komunitas terbuka antara para karyawan Facebook. Itu semua ditanamkan oleh CEO yang sangat kami hormati,” salah satu alasan karyawan menyukai Zuckerberg.

Categories: Pengantar Teknologi Informasi | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: