Tips Memotret di Dalam Gua yang Gelap

https://i0.wp.com/images.detik.com/content/2013/05/07/1279/goa.jpgIlustrasi (Info Fotografi)
Jakarta – Memotret gua yang memiliki koleksi staglatit dan stalagmit tentunya sangat menarik. Stalagtit adalah batu kapur yang tumbuh dari bagian atas gua menuju ke dasar gua, sedangkan stalagmit tumbuh menjulang dari dasar gua ke atas.

Saat tur fotografi Vietnam – Ninh Binh – Ha Long Bay seminggu yang lalu, saya dan rombongan berkesempatan untuk mengunjungi gua Sung Sot yang terletak di badan gunung Karst di tengah Ha Long Bay.

ISO 1600, f/4, 1/15 detik – Seperti setting di luar angkasa.

Gua ini mengesankan dari bentuknya dan juga indah karena pencahayaannya yang ditata secara khusus dan berwarna-warni. Dengan pencahayaan yang baik, tekstur dari stalagtit dan stalagmitnya terlihat berdimensi.

Meskipun diberi cahaya, secara umum, pencahayaan di gua masih termasuk gelap. Maka dari itu, membutuhkan setting dan peralatan foto yang memadai. Idealnya kita membutuhkan tripod supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi jika tripod tidak memungkinkan atau terlalu merepotka, setting yang saya usulkan yaitu mengunakan ISO yang agak tinggi untuk mencegah shutter speed terlalu lambat.

Di gua Sung Sot ini, shutter speed 1/15 detik saya gunakan untuk mencegah foto menjadi blur akibat goyangan tangan saya. ISO ditingkatkan sesuai kondisi pencahayaan yang dibidik, kadang ISO 1600, kadang sampai ISO 4000. Saya memberikan tugas kepada fungsi AUTO ISO untuk mengatur ISO sehingga saya bisa berkonsentrasi untuk komposisi & framing fotonya.

Bukaan saya set ke maksimal lensa yaitu f/4 (kebetulan lensa saya maksimumnya di f/4). Terkadang saya mengunakan f/5.6 untuk ruang tajam yang lebih luas).

Untuk komposisinya, usahakan membingkai foto dengan cukup ketat, sehingga detailnya terlihat lebih jelas. Coba orientasi vertikal dan horizontal. Selain itu cari bentuk dan tekstur yang unik, misalnya mirip hewan, manusia atau benda yang familiar. Jika Guanya ramai dengan turis, hati-hati, jangan sampai turis-turis mendominasi (terlihat besar) dalam foto.

Berikut beberapa hasil foto di gua Sung Sot. Kalau ke Ha Long Bay jangan lupa berkunjung ke sini🙂

ISO 1600, f/4, 1/15 detik

ISO 2500, f/5.6, 1/15 detik – Mirip kepala dinosaurus ya?

Categories: Pengantar Teknologi Informasi | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: